Friday, December 23, 2011



Serba serbi (RAMBU – RAMBU TRAVELLING)  teks oleh fadilah utami @diela_
 
Tahu dunia luar itu indah dan menyenangkan, keliling Indonesia yang mempesona atau mengintari Negara Negara pilihan wisata yang menakjubkan. Pasti ada banyak cerita yang akan terangkai setelahnya, begitu juga kenangannya yang pasti takkan terlupakan.
Dari hasil ngobrol dan Tanya-tanya sama yang baru bepergian, elfina sari (yang baru pulang dari Surabaya, manado, Makassar, malang, bromo, solo, salatiga, semarang, jogja, Jakarta, trus balik lagi ke medan) serta searhing di situs-situs traveling. Aku mau berbagi hal kecil yang mungkin sangat besar gunanya bagi kamu yang berencana berpergian keluar untuk berlibur ataupun sekedar berkunjung. Berikut hal kecil tersebut :
tips persiapan travelling.
-          Mari berburu tiket murah. Pada bulan bulan tertentu ada maskapai yang sering memberikan penawaran yang mencengankan, misalnya di bulan februari, mei, agustus, November. Bisa mulai nabung dari sekarang jadinya. He-he
-          Tentukan tempat mana aja yang bakal kamu kunjungi .. apapun tempat tujuannya carilah terlebih dahulu infomasi sebanyak banyaknya soal tempat tujuan tersebut, dari dari internet, buku, print magazine, maupun dari orang yang pernah mengunjungunginya.
-          Rencanakan apa yang bakal kamu lakukan disana, jangan sampai ketika kamu sudah nyampai di tempat tujuan kamu tapi kamu malah jadi kutu dan mati gaya gak tau mau ngapai. Apa mau keliling-keliling doang, belanja. Tapi ingat jangan sampai kamu kehabisan tenaga, kesehatan juga harus dijaga yah.
-          Pikirkan apa yang bakal kamu bawa disana, kmisalnya kamu pergi ke daerah yang cuacanya dingin, maka perbanyaklah baju berbahan hangat dan tebal biar kamu gak kedinginan disana.
-          Tentukan rute, akomodasi, dan transportasi yang mau dipakai, kalau mau keliling-keliling kota mau naik apa, jangan ragu mencoba segala hal baru ditempat baru tersebut tapi ingat juga biaya yang bakal kamu keluarkan.
-          Cek dokumen dan file-file penting kamu,tiket atau  kamu butuh paspor baru atau visa. Visa bisa diperoleh secara online atau arrival (biasa di bandara/pintu masuk utama) atau di kedutaan Negara bersangkutan.
-          Mau nginap dimana, untuk backpacker hal ini gak menjadi masalah penting baginya karena masih ada bumi yang menjadi rumah dan langit yang menjadi atapnya. Tapi biasanya di Negara yang menjadi tujuan wisata pasti ada banyak hostel, guesthouse, dan hotel kelas melati (bukan yang ‘plus-plus’) yang bisa kamu kunjungi dan kamu inapi. Atau perdayakan teman-teman kamu yang tinggal di daerah tersebut.
-          Copy your identity. Segala hal mungkin terjadi, untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu back-up semua dokumen penting kamu. Misalnya halaman paspor atau visa. Selain dalam bentuk hardcopy kamu juga bisa simpan secara virtual di web atau email pribadi agar bisa di unduh dimana pun kmau berada. Jangan menaruh halaman paspor di web yang setiap orang di dunia bisa melihat. Terutama bagian bar chart (kode dibawah detail nama). Ingat kejahatan dengan pencurian identitas banyak terjadi.
-          Kamu perlu bawa tas kecil yang berisi camera pocketmu, obat-obatan, vit C dan aman menyimpan dokumen serta uang kamu.
-          Dilarang lupa bawa peta!!, ini penting banget, kalau perlu kamu bisa bawa travel guide. Atau perdayakanlah GPS yang ada pada gadjet kamu.
-          Untuk yang muslim hati-hati pada menu daging, baiknya kamu Tanya dulu misalnya pake kode bismillah sambil menunjuk menu yang akan kamu pesan.

terima kasih telah mengunjungi blog saya :))

DilaMoticons . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates