Sunday, August 7, 2011
awkward moment
hah. apalagi ini
sekenanya lagi mencadu di pikiran dan segala aktifitas ku. bukan salah dia atau pun aku kan yah ~
pkl (praktek kerja lapangan) yang membosankan, aku mau deh kuliah sampe sore-sore lagi klo gini
belum lagi yang laen (beh curhat bah)
hei ini bukan cerita tentang seorang manusia yang tak berguna karena tak tahu apa-apa, tapi inilah
aku selalu bingung dengan keaadaan yang sedang berlangsung ini. ckck
ini akan segera diakhiri | percayalah. setidaknya tanggal 20 August ini selesai !!
satu lagi aku mau cerita. knpa aku selalu terpesona oleh orang-orang seperti mereka mulai dari si 'S' si 'E' si 'Q' si 'A' dan lain lain (secret admirer sejati.dasar). ntah bagaimana bisa. tapi memang aku adalah tipe orang yang senengnya begitu mungkin.
aku akan lebih tertarik dengan orang yang lebih menarik (semua orang begitu) aku lebih menarik bila dia lebih tertarik denganku. aku pasti paling tertarik oleh orang yang sama tertariknya denganku. hei ini semua tentang selera/rasa maka terciptalah :D
now im listening to Up by justin bieber feat chris brown .eh
sekenanya lagi mencadu di pikiran dan segala aktifitas ku. bukan salah dia atau pun aku kan yah ~
pkl (praktek kerja lapangan) yang membosankan, aku mau deh kuliah sampe sore-sore lagi klo gini
belum lagi yang laen (beh curhat bah)
hei ini bukan cerita tentang seorang manusia yang tak berguna karena tak tahu apa-apa, tapi inilah
aku selalu bingung dengan keaadaan yang sedang berlangsung ini. ckck
ini akan segera diakhiri | percayalah. setidaknya tanggal 20 August ini selesai !!
satu lagi aku mau cerita. knpa aku selalu terpesona oleh orang-orang seperti mereka mulai dari si 'S' si 'E' si 'Q' si 'A' dan lain lain (secret admirer sejati.dasar). ntah bagaimana bisa. tapi memang aku adalah tipe orang yang senengnya begitu mungkin.
aku akan lebih tertarik dengan orang yang lebih menarik (semua orang begitu) aku lebih menarik bila dia lebih tertarik denganku. aku pasti paling tertarik oleh orang yang sama tertariknya denganku. hei ini semua tentang selera/rasa maka terciptalah :D
now im listening to Up by justin bieber feat chris brown .eh
Saturday, August 6, 2011
Give me more
1) To do this go here http://www.quizbox.com/personality/test82.aspx
2) Do the ask thing and copy paste the results.
3) Enjoy and tag people =)
Your view on yourself:
You are down-to-earth and people like you because you are so straightforward. You are an efficient problem solver because you will listen to both sides of an argument before making a decision that usually appeals to both parties.
The type of girlfriend/boyfriend you are looking for:
You are a true romantic. When you are in love, you will do anything and everything to keep your love true.
Your readiness to commit to a relationship:
You are ready to commit as soon as you meet the right person. And you believe you will pretty much know as soon as you might that person.
The seriousness of your love:
You like to flirt and behave seductively. The opposite sex finds this very attractive, and that's why you'll always have admirers hanging off your arms. But how serious are you about choosing someone to be in a relationship with?
Your views on education
Education is very important in life. You want to study hard and learn as much as you can.
The right job for you:
You have plenty of dream jobs but have little chance of doing any of them if you don't focus on something in particular. You need to choose something and go for it to be happy and achieve success.
How do you view success:
You are confident that you will be successful in your chosen career and nothing will stop you from trying.
What are you most afraid of:
You are concerned about your image and the way others see you. This means that you try very hard to be accepted by other people. It's time for you to believe in who you are, not what you wear.
Who is your true self:
You are full of energy and confidence. You are unpredictable, with moods changing as quickly as an ocean. You might occasionally be calm and still, but never for long.
Your kindness is your charm - you are also gentle and sweet. Everybody likes to be around people with your personality. Like a psychologist, people like to talk to you to discuss their problems because you are proper and discrete, as well as confident. You look mature and people respect you. People with this kind of character are few and far between.
Here is the analysis:
1. You've got great self-confidence and you're full of charm. Most guys who get to know you will be attracted to you. You are far from sweet and proper; your intriguing personality fascinates them. Most guys find it easy to fall for a girl like you.
2. You really care about other people's feelings and are quite serious about the issues that affect your life. You are sincere, and your concern for the well-being of others makes many people want to be your friend.
3. You strictly follow rules, and you expect other people to be the same as well. People can get tired of you easily, as you can make them feel a little guilty about themselves. You always make decisions on your own, and can be dismissive of other people's advice. You like to be the leader in groups, but can forget to be concerned about the people you are with.
4. Your peers think of you as a fun person, but sometimes you can be a little irresponsible. You can be somewhat childish, and can try to ignore the fact that you will one day need to really grow up and be a mature adult! Perhaps you could start reading good books; they might help you look at the world in a different light. You do want to be taken seriously, right?
5. Your boyfriend believes that you are a strong and independent person. Your confidence and cheerfulness make you an attractive person to be around, but sometimes you need to pay more attention to what other people, including your boyfriend, are thinking.
Try again | Give me more
http://www.quizbox.com/personality/test81.aspx
2) Do the ask thing and copy paste the results.
3) Enjoy and tag people =)
Your view on yourself:
You are down-to-earth and people like you because you are so straightforward. You are an efficient problem solver because you will listen to both sides of an argument before making a decision that usually appeals to both parties.
The type of girlfriend/boyfriend you are looking for:
You are a true romantic. When you are in love, you will do anything and everything to keep your love true.
Your readiness to commit to a relationship:
You are ready to commit as soon as you meet the right person. And you believe you will pretty much know as soon as you might that person.
The seriousness of your love:
You like to flirt and behave seductively. The opposite sex finds this very attractive, and that's why you'll always have admirers hanging off your arms. But how serious are you about choosing someone to be in a relationship with?
Your views on education
Education is very important in life. You want to study hard and learn as much as you can.
The right job for you:
You have plenty of dream jobs but have little chance of doing any of them if you don't focus on something in particular. You need to choose something and go for it to be happy and achieve success.
How do you view success:
You are confident that you will be successful in your chosen career and nothing will stop you from trying.
What are you most afraid of:
You are concerned about your image and the way others see you. This means that you try very hard to be accepted by other people. It's time for you to believe in who you are, not what you wear.
Who is your true self:
You are full of energy and confidence. You are unpredictable, with moods changing as quickly as an ocean. You might occasionally be calm and still, but never for long.
Your kindness is your charm - you are also gentle and sweet. Everybody likes to be around people with your personality. Like a psychologist, people like to talk to you to discuss their problems because you are proper and discrete, as well as confident. You look mature and people respect you. People with this kind of character are few and far between.
Here is the analysis:
1. You've got great self-confidence and you're full of charm. Most guys who get to know you will be attracted to you. You are far from sweet and proper; your intriguing personality fascinates them. Most guys find it easy to fall for a girl like you.
2. You really care about other people's feelings and are quite serious about the issues that affect your life. You are sincere, and your concern for the well-being of others makes many people want to be your friend.
3. You strictly follow rules, and you expect other people to be the same as well. People can get tired of you easily, as you can make them feel a little guilty about themselves. You always make decisions on your own, and can be dismissive of other people's advice. You like to be the leader in groups, but can forget to be concerned about the people you are with.
4. Your peers think of you as a fun person, but sometimes you can be a little irresponsible. You can be somewhat childish, and can try to ignore the fact that you will one day need to really grow up and be a mature adult! Perhaps you could start reading good books; they might help you look at the world in a different light. You do want to be taken seriously, right?
5. Your boyfriend believes that you are a strong and independent person. Your confidence and cheerfulness make you an attractive person to be around, but sometimes you need to pay more attention to what other people, including your boyfriend, are thinking.
Try again | Give me more
http://www.quizbox.com/personality/test81.aspx
Sunday, June 12, 2011
in fact
Posted by
Fadilah Utami
on
June 12, 2011
in
alternative education,
Dila`s World,
Pend. Luar Sekolah,
kejadian ini berawal dari kunjungan anak Suara Usu yang bertandang ke sekret "Kreatif" Unimed disiang hari yang sejuk *beneran sejuk loh
tujuan mereka adalah untuk menyebarkan angket tentang persepsi mahasiswa mengenai studi banding yang diadakan oleh pemerintah indonesia.
kurang lebih isinya tentang persetujuan dan alasan setuju dan tidak setuju dari hal itu.
mereka ada sekitar 5 orang, seorang cowok yang datang duluan (gondorong tp kiut), 2 cewek berjilbab, disusul 2 orang cowok, dari jurusan Komunikasi Usu angkatan ke-2.
saat mereka pamitan pulang saya juga ingin pulang karena saya ingin nonton Pertandingan bulutangkis 'Piala Sudirman', nah mereka kan ganjil tu, jadilah salah seorang dari mereka nebeng di motor saya sampai Iain, tujuannya yaitu "Dinamika Iain".
ditengah tengah perjalanan terjadilah sebuah percakapan yang berkaitan dengan sekolah kami masing masing :
aku, "mau ke Iain yak?"
si ey, "ia kak, mau nyebarin angket yang tadi juga"
aku, "kamu anak jurusan Komunikasi Usu angkatan ke-2 kan?".
si ey, "ia kak, kok tau?''
aku, "hhe iya karena dulunya juga mau ngambil jurusan itu juga"
si ey, "emang kakak stambuk berapa?"
aku, "08''
si ey, "oh, dsini (unimed) jurusan apa?"
aku, "jurusan Pendidikan Luar Sekolah, kontan aku langsung nanya, "tau?""
si ey, "oia, tau tau (manggut-manggut dengan mantapnya)"
aku, "terheran sambil bilang, "beneran tau"?"
si ey, " ia tau kak! " :)
aku, " bilang gud sambil angkat jempol sebelah kiri, *(karena yang kanan buat
nge-gas)
salut deh, soalnya orang-orang kalau nanyain jurusan PLS,
pasti jawabannya nanya balik, apa itu? (hhe) rupanya kamu enggak gitu,
salut bener dah :D
nah ini fakultasnya jurusan pendidikan luar sekolah, sambil menunjuk
fakultas ilmu pendidikan di arah sebelah kiri, ketika melewatinya".
si ey, "oh, tapi disini enak ya kak. banyak pohonnya, adem!"
aku, "ia makanya kalo jalan disini gak usah takut kepanasan"
si ey, " iya kak. haha "
cerita trus berlalu seiring motor yang terus melaju sampai tempat tujuan, cerita tidak sepenuhnya ditulis, hanya yang berhubungan dengan hal ini saja
nb: saya emanggak tau siapa nama anak itu, lupa
okeh terima kasih :D
tujuan mereka adalah untuk menyebarkan angket tentang persepsi mahasiswa mengenai studi banding yang diadakan oleh pemerintah indonesia.
kurang lebih isinya tentang persetujuan dan alasan setuju dan tidak setuju dari hal itu.
mereka ada sekitar 5 orang, seorang cowok yang datang duluan (gondorong tp kiut), 2 cewek berjilbab, disusul 2 orang cowok, dari jurusan Komunikasi Usu angkatan ke-2.
saat mereka pamitan pulang saya juga ingin pulang karena saya ingin nonton Pertandingan bulutangkis 'Piala Sudirman', nah mereka kan ganjil tu, jadilah salah seorang dari mereka nebeng di motor saya sampai Iain, tujuannya yaitu "Dinamika Iain".
ditengah tengah perjalanan terjadilah sebuah percakapan yang berkaitan dengan sekolah kami masing masing :
aku, "mau ke Iain yak?"
si ey, "ia kak, mau nyebarin angket yang tadi juga"
aku, "kamu anak jurusan Komunikasi Usu angkatan ke-2 kan?".
si ey, "ia kak, kok tau?''
aku, "hhe iya karena dulunya juga mau ngambil jurusan itu juga"
si ey, "emang kakak stambuk berapa?"
aku, "08''
si ey, "oh, dsini (unimed) jurusan apa?"
aku, "jurusan Pendidikan Luar Sekolah, kontan aku langsung nanya, "tau?""
si ey, "oia, tau tau (manggut-manggut dengan mantapnya)"
aku, "terheran sambil bilang, "beneran tau"?"
si ey, " ia tau kak! " :)
aku, " bilang gud sambil angkat jempol sebelah kiri, *(karena yang kanan buat
nge-gas)
salut deh, soalnya orang-orang kalau nanyain jurusan PLS,
pasti jawabannya nanya balik, apa itu? (hhe) rupanya kamu enggak gitu,
salut bener dah :D
nah ini fakultasnya jurusan pendidikan luar sekolah, sambil menunjuk
fakultas ilmu pendidikan di arah sebelah kiri, ketika melewatinya".
si ey, "oh, tapi disini enak ya kak. banyak pohonnya, adem!"
aku, "ia makanya kalo jalan disini gak usah takut kepanasan"
si ey, " iya kak. haha "
cerita trus berlalu seiring motor yang terus melaju sampai tempat tujuan, cerita tidak sepenuhnya ditulis, hanya yang berhubungan dengan hal ini saja
nb: saya emang
okeh terima kasih :D
Sunday, May 15, 2011
Homeschooling
Merujuk kepada panduan pelaksanaan Homeschooling yang dikeluarkan oleh Direktorat Pendidikan Kesetaraan, Homeschooling adalah proses layanan pendidikan yang secara sadar, teratur dan terarah dilakukan oleh orang tua atau keluarga di rumah atau tempat-tempat lain dimana proses pembelajaran itu dapat berlangsung secara kondusif dengan tujuan dapat mengasah potensi, bakat dan minat masing-masing anak. Dengan Homeschooling akan tercipta situasi yang nyaman dan aman sehingga anak tidak mendapat tekanan dan menjadikan proses pembelajaran menjadi sebuah beban.
“Seto Mulyadi mengatakan dalam bukunya (2007) secara etimologis, home schooling adalah sekolah yang diadakan di rumah. Meski disebut home schoooling, tidak berarti anak akan terus menerus belajar di rumah, tetapi anak-anak bisa belajar di mana saja dan kapan saja asal situasi dan kondisinya benar-benar nyaman dan menyenangkan seperti layaknya berada di rumah. Keunggulan secara individual inilah yang memberi makna bagi terintegrasinya mata pelajaran kepada peserta didik”.
“Kak Seto (2007:7) Home Schooling bukanlah lawan dari pendidikan formal dan nonformal (kursus-kursus). Home schooling tidak melarang seorang anak untuk bersekolah di sekolah formal. Apa yang mungkin kurang di sekolah formal diharapkan dapat ditambal oleh Home Schooling. Anak-anak yang tidak dapat diterima di sekolah formal harus dapat memperoleh hak belajarnya di sekolah nonformal”.
Sumardiono (2008), mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada definisi tunggal dari homeschooling. Namun, prinsipnya adalah bahwa pada sistem pendidikan homeschooling, sebuah keluarga bertanggung jawab sendiri atas pendidikan anak-anaknya dengan menggunakan rumah sebagai basis pendidikannya. Di sini, orang tua bertanggung jawab secara aktif atas proses pendidikan anaknya. Bertanggung jawab secara aktif ini maksudnya adalah orangtua terlibat penuh pada proses penyelenggaraan pendidikan, mulai dalam hal penentuan arah dan tujuan pendidikan, nilai (values) yang ingin dikembangkan, kecerdasan dan ketrampilan yang hendak diraih, kurikulum dan materi pembelajaran hingga metode belajar serta praktik belajar keseharian anak.
“Seto Mulyadi (2007:7) setidaknya ada 3 manfaat yang dipancarkan oleh home schooling. Pertama, home schooling mengingatkan atau menyadarkan orang tua bahwa pendidikan untuk anak tidak dapat di pasrahkan sepenuhnya kepada pendidikan formal. Kedua, home schooling dapat menampung anak-anak yang karena alasan alasan tertentu tidak dapat belajar di sekolah formal. Dan ketiga, dapat menjadi pelarian dari sekolah sekolah formal dan non-formal dalam upaya mereka untuk meningkatkan kualitas pendidikannya”.
Pada perkembangannya, ada beragam model homeschooling yang dapat kita temui. Seto Mulyadi, salah satu praktisi homeschooling mengemukakan bahwa ada 3 model homeschooling, yakni homeschooling tunggal, homeschooling majemuk, dan komunitas homeschooling. Pada homeschooling tunggal, keluarga menerapkan homeschooling secara mandiri, sesuai dengan yang diinginkan tanpa bergabung dengan keluarga homeschooling lainnya. Pada homeschooling majemuk, beberapa keluarga bergabung melakukan kegiatan-kegiatan tertentu, namun kegiatan pokok tetap menjadi tanggung jawab keluarga masing-masing.
Perbedaan yang paling mendasar antara anak-anak homeschooling dengan anak-anak sekolah pada umumnya tentu saja berkaitan dengan berangkat ke sekolah. Anak-anak homeschooling tidak perlu berangkat ke sekolah 6 hari perminggu, mereka juga tidak mengenal beragam liburan berkaitan dengan kalender pendidikan, mereka tidak mengenakan seragam, dan mereka hanya menjalani ujian jika memang model homeschooling yang mereka tempuh bekerjasama dengan sekolah. Jika tidak, anak-anak homeschooling tidak akan menempuh ujian layaknya anak-anak sekolah. Jumlah jam belajar mereka sehari berbeda dari anak-anak sekolah umum, dan materi yang diajarkan dapat saja berbeda dengan yang diajarkan di sekolah umum. Berkaitan dengan materi, sejak awal homeschooling dirancang untuk memenuhi kebutuhan anak dan keluarganya, sehingga materi yang diajarkan disesuaikan dengan minat dan kebutuhan belajar anak pada saat itu.
Kurikulum pembelajaran home schooling adalah kurikulum yang didesain sendiri namun tetap mengacu kepada kurikulum nasional. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Bryan Ray menunjukkan bahwa mayoritas home schoolers (71%) memilih sendiri materi pembelajaran dan kurikulum dari kurikulum yang tersedia, kemudian melakukan penyesuaian agar sesuai dengan kebutuhan anak-anak dan keadaan keluarga. Selain itu, 24% diantaranya menggunakan paket kurikulum lengkap yang dibeli dari lembaga penyedia kurikulum dan materi ajar. Sekitar 3% menggunakan materi dari sekolah satelit (partner home schooling) atau program khusus yang dijalankan oleh sekolah swasta setempat.
Pada umunya keluarga yang memutuskan agar anaknya menjalani home schooling akan menunjuk suatu lembaga yang berwenang untuk merekomendasikan suatu paket pembelajaran yang ditawarkan dalam home schooling yang pendidikannya setara dengan pendidikan formal. Didalamnya tercantum sebuah paket pembelajaran yang akan dilalui oleh anak tersebut yang sebelumnya paket tersebut dipilih oleh orangtuanya dengan melihat kebutuhan belajar anaknya. Setelah itu lembaga pendidikan tersebut akan menyediakan pengajar yang akan mewujudkan paket pembelajaran yang telah dipilih.
Perkembangan homeschooling di Indonesia belum diketahui secara persis karena belum ada penelitian khusus tetang akar perkembangannya. Istilah homeschooling merupakan khazanah relatif baru di Indonesia. Namun jika dilihat dari konsep homeschooling sebagai pembelajaran yang tidak berlangsung di sekolah formal alias otodidak, maka sekolah rumah sudah tidak merupakan hal baru. Banyak tokoh-tokoh sejarah Indonesia yang sudah mempraktekkan homeschooling seperti KH. Agus Salim, Ki Hajar Dewantara, dan Buya Hamka (Makalah Dr. Seto Mulyadi, 18 Juni 2006).
Dalam pengertian homeschooling ala Amerika Serikat, sekolah rumah di Indonesia sudah sejak tahun 1990-an. Misalnya Wanti, seorang ibu yang tidak puas dengan sistem pendidikan formal. Melihat risiko yang menurut Wanti sangat mahal harganya, dia banting setir. Tahun 1992 Wanti mengeluarkan semua anaknya dari sekolah dan memutuskan mengajar sendiri anak-anaknya di rumah. Ia mempersiapkan diri selama 2 tahun sebelum menyekolahkan anaknya di rumah. Semua kurikulum dan bahan ajar diimpor dari Amerika Serikat.Wanti sadar keputusannya mengandung konsekuensi berat. Dia harus mau capek belajar lagi, karena bersekolah di rumah berarti bukan anaknya saja yang belajar, tetapi justru orangtua yang harus banyak belajar.
note:
Verdiansyah, C. (2007). Home Schooling Rumah Kelasku, Dunia Sekolahku. Jakarta: Penerbit Kompas.
Ikhasan, M. (2006). Pendidikan Alternatif di Indonesia. [Online]. Tersedia: http://teknologipendidikan.wordpress.com/2006/09/12/pendidikan-alternatif-di-indonesia/. Diakses pada Februari 19, 2011.
Simbolon, P. (2008). Homeschooling sebagai Pendidikan Alternatif. [Online]. Tersedia: http://pormadi.wordpress.com/2007/11/12/homeschooling/.
Sumardiono (2007). Home Schooling: Lompatan Cara Belajar. Jakarta: Penerbit Alex Media Komputindo.
Seto Mulyadi. (2007). Home schooling Keluarga Kak-Seto: mudah, murah, meriah dan direstui pemerintah. Bandung: Kaifa-Mixan Pustaka
Undang-Undang Sisdiknas 2003. (2007). Jakarta: Sinar Grafika.
Saturday, May 14, 2011
Bruno
Bruno Mars (lahir 8 Oktober 1985; umur 26 tahun) adalah penyanyi Pop, Hip-Hop, Soul, R&B dan pencipta lagu California, Amerika Serikat kelahiran Hawaii. Ia mulai terkenal saat berduet dengan B.o.B dalam lagu “Nothin’ On You dan saat merilis singlenya “Just The Way You Are”.
aku sadar aku suka dia.. haha
*from wiki
Nama | Peter Gene Hernandez |
---|---|
Lahir | 08 Oktober 1985 (umur 26) Honolulu, Hawaii |
Asal | Los Angeles, California, United States |
Genre | Pop, alternative hip-hop, soul, R&B, Jazz |
Pekerjaan | Penyanyi, penulis lagu, produser rekaman |
Instrumen | Vocal, drum, gitar, keyboard, bass |
Tahun aktif | 2007–sekarang |
Label | Atlantic Records, Elektra Records |
Artis terkait | The Smeezingtons, B.o.B, Cee-Lo Green, Travie McCoy |
Situs resmi | Brunomars.com |
*from wiki
Monday, May 9, 2011
craze hijab
pernah ngeliat blog orang yang hobinya pake jilbab tapi modis banget. jadi kepengen dan ngiler ngeliatnya. sekarang aku mau nyari lagi itu blog tapi gak tau lagi apa alamat webnya -____-"
i love hijab
i love hijab
Wednesday, April 20, 2011
Faktor Perkembangan Prilaku Manusia dan Hukumnya
Proses dan Fakor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Perilaku dan Pribadi
Berkenaan dengan proses perkembangan ini, ada tiga hal yang secara esensial perlu dipahami: sejak kapan dimulai dan berakhirnya, factor-faktor apa yang mempengaruhi seta bagaimana berlangsungnya proses tersebut.
Secara faktual, perkembangan bukan dimulai sejak kelahiran seseorang dari rahim ibunya, melainkan sejak terjadinya konsepsi, ialah saat berlangsungnya pembuahan atau perkawinan yang menghasilkan benih manusia (zygote) yang kemudian berkembag menjadi organisme atau janin (embryo) sebagai calon manisia yang di kenal sebagai fetus (bayi dalam kandungan). Pada umumnya, setiap fetus memerlukan waktu sekitar sembilan bulan atau 266 hari (Lefrancois, 1975:17) sampai matang (mature) atau lahir (natal).
Variasi individual memang terjadi, ada yang lebih awal (premature) dari waktu tersebut dan ada pula yang lebih lambat (late mature), bergantung kondisinya. Mulai sejak lahir bayi menjalani masa kanak-kanak, remaja, dewasa sampai hari tuannya yang pada umumnya memerlukan waktu (life span) sekitar 60-70 tahun, yang sudah barang tentu bervariasi pula sesuai dengan kondisi yang memungkinkannya.
Ada tiga faktor dominan yang mempengaruhi proses perkembangan individu, ialah factor pembawaan (heredity) yang bersifat alamiah (nature), faktor lingkungan (environment) yang merupakan kondisi yang memungkinkan berlangsungnya proses perkembangan (nurture), dan faktor waktu (time) yaitu saat-saat tibanya masa peka atau kematangan (maturation).
Ketiga factor dominant itu dalam proses berlangsungnya perkembangan individu berperan secara interaktif, yang dapat dijelaskan secara fungsional atau regresional.
Dengan demikian formula-formula P = f(H, E, T) atau P = a + b1H + b2E + b3T + E kirannya dapat juga dipergunakan untuk menjelaskan seberapa besar bobot(weight) kontribusi dan bagaimana arahnya (positif atau negatif) dari setiap faktor dominan (H = heredity/nurture dan T = time/maturition) tersebut terhadap perkembangan perilaku dan pribadi (P) seseorang.
Ada tiga kemungkinan kecenderungan arah garis perkembangan hidup seseorang yang dapt digambarkan secara visual, sebagai berikut.
Pada individu-individu yang tergolong normal pada umumnya perkembangan laju pesat sampai usia limabelas tahun, di mana tercapainya titik optimal kedewasaan perkembangan fungsi-fungsi fisik dan psikis (intelektual).
Kemungkinan perkembangan selanjutnya:
(a) Kemungkinan pertama, bagi mereka yang tidak memperoleh kesempatan untuk belajar atau melatih fungsi-fungsinya (terutama segi intelektual), maka kemampuannya cenderung tidak berkembang lagi sampai usia sekitar empat puluh tahunan. Bahkan, setelah mencapai usia tersebut kemampuannya mulai menurun, malahan tidak kurang jumlahnya yang menuju pikun pada hari-hari tuanya (garis a)
(b) Kemungkinan kedua, bagi mereka yang bernasib baikuntuk memperoleh kesempatan belajar atau melatih fungsi-fungsi psikofisiknya lebih lanjut, maka perkembangan kemampuan fungsi-fungsi masih ada baiknya bersifat peningkatan atau perluasan sampai taraf empat puluhan pulam namun selanjutnya, setelah dijalani usia tersebut tidak berkesempatan lagi belajar, tetapi hanya bekerja, secara routline dan monoton, maka cenderung untuk berada pada titik jenuh tersebut dan tidak berkembang lagi (garis b). namun bagi mereka yang terus berusaha belajar dan mengumuli perkembangan informasi-informasi mutakhir, perkembangan itu dapat terjadi meskipun hanya bersifat perluasan atau pendalaman (garis c). http://denirokhyadi.wordpress.com/2008/04/18/konsep-dasar-manifestasi-dan-beberapa-cara-pendekatan-terhadap-perkembangan-perilaku-dan-pribadi/
Beberapa Hukum (Principles) Perkembangan Perilaku dan Pribadi serta Implikasinya bagi Kehidupan.
Hukum Implikasi
a. Perkembangan dipengaruhi oleh factor-faktor pembawaan, lingkungan, dan kematangan. a. Pengembangan (penyusunan, pemilihan, penggunaan) materi, strategi, metodologi, sumber, evaluasi belajar-mengajar hendaknya memperhatikan ketiga factor tersebut.
b. Proses perkembangan itu berlangsumg secara bertahap (profresif, sistematik, berkesinambungan). b. Program (kurikulum) belajar-mengajar disusun secara bertahap dan berjenjang:
(1) Dari sederhana menuju kompleks
(2) Dari mudah menuju sukar.
(3) System belajar-mengajar diorganisasikan agar terlaksananya prinsip:
(a) Mastery learning (belajar tuntas)
(b) Continuous progress (maju berkelanjutan)
c. Bagian – bagian dari fungsi-fungsi organisme mempunyai garis perkembangan dan tingkat kematangan masing-masing. Meskipun demikian, sebagai kesatuan organis dalam prosesnya terdapat korelasi dan bahkan kompensatoris antara yang satu dengan yang lainnnya. c. Sampai batas tertentu, program dan strategi belajar-mengajar seyogyanya dalam bentuk:
(1) Correlated curriculum, atau
(2) Broadfields, atau
(3) Subject maiter oriented,(sampai batas tertentu pula
d. Terdapat variasi dalam tempo dua irama perkembangan antar-individual dan kelompoktertentu (menurut latar belakang jenis, geografis, dan kultur). d. Program dan strategi-mengajar, sampai batas tertentu seyogyanya diorganisasikan agar memungkingkan belajar secara individual disamping secarakelompok (misalnya, dengan system pengajaran modul).
e. Proses perkembangan itu pada taraf awalnya bersifat diferensial dan pada akhirnya lebih bersifat integrasi antarbagian dan fungsi organisme. e. Program dan strategi belajar-mengajar seyogyanya diorganisasikan agar memungkinkan proses yang bersifat :
(1) Deduktif – Induktif
(2) Analisis – Sintesis
(3) Global –Spesifik – Global
f. Dalam batas-batas masa peka, perkembangan dapat dipercepat atau diperlambat oleh kondisi lingkungan. Program dan strategi belajar-mengajar seyogyanya dikembangkan dan diorganisasikan perlakuan (intervensi) yang dapat merangsang, mempercepat, dan menghindari ekses memperlambat laju perkembangan anak didik.
g. Laju perkembangan anak berlangsung lebih pesat pada periode kanak-kanak dari periode-periode berikutnya. g. Lingkungan hidup dan pendidikan anak-anak (TK) sangat penting untuk memperkaya pengalaman dan mempercepat laju perkembangannya.
Berkenaan dengan proses perkembangan ini, ada tiga hal yang secara esensial perlu dipahami: sejak kapan dimulai dan berakhirnya, factor-faktor apa yang mempengaruhi seta bagaimana berlangsungnya proses tersebut.
Secara faktual, perkembangan bukan dimulai sejak kelahiran seseorang dari rahim ibunya, melainkan sejak terjadinya konsepsi, ialah saat berlangsungnya pembuahan atau perkawinan yang menghasilkan benih manusia (zygote) yang kemudian berkembag menjadi organisme atau janin (embryo) sebagai calon manisia yang di kenal sebagai fetus (bayi dalam kandungan). Pada umumnya, setiap fetus memerlukan waktu sekitar sembilan bulan atau 266 hari (Lefrancois, 1975:17) sampai matang (mature) atau lahir (natal).
Variasi individual memang terjadi, ada yang lebih awal (premature) dari waktu tersebut dan ada pula yang lebih lambat (late mature), bergantung kondisinya. Mulai sejak lahir bayi menjalani masa kanak-kanak, remaja, dewasa sampai hari tuannya yang pada umumnya memerlukan waktu (life span) sekitar 60-70 tahun, yang sudah barang tentu bervariasi pula sesuai dengan kondisi yang memungkinkannya.
Ada tiga faktor dominan yang mempengaruhi proses perkembangan individu, ialah factor pembawaan (heredity) yang bersifat alamiah (nature), faktor lingkungan (environment) yang merupakan kondisi yang memungkinkan berlangsungnya proses perkembangan (nurture), dan faktor waktu (time) yaitu saat-saat tibanya masa peka atau kematangan (maturation).
Ketiga factor dominant itu dalam proses berlangsungnya perkembangan individu berperan secara interaktif, yang dapat dijelaskan secara fungsional atau regresional.
Dengan demikian formula-formula P = f(H, E, T) atau P = a + b1H + b2E + b3T + E kirannya dapat juga dipergunakan untuk menjelaskan seberapa besar bobot(weight) kontribusi dan bagaimana arahnya (positif atau negatif) dari setiap faktor dominan (H = heredity/nurture dan T = time/maturition) tersebut terhadap perkembangan perilaku dan pribadi (P) seseorang.
Ada tiga kemungkinan kecenderungan arah garis perkembangan hidup seseorang yang dapt digambarkan secara visual, sebagai berikut.
Pada individu-individu yang tergolong normal pada umumnya perkembangan laju pesat sampai usia limabelas tahun, di mana tercapainya titik optimal kedewasaan perkembangan fungsi-fungsi fisik dan psikis (intelektual).
Kemungkinan perkembangan selanjutnya:
(a) Kemungkinan pertama, bagi mereka yang tidak memperoleh kesempatan untuk belajar atau melatih fungsi-fungsinya (terutama segi intelektual), maka kemampuannya cenderung tidak berkembang lagi sampai usia sekitar empat puluh tahunan. Bahkan, setelah mencapai usia tersebut kemampuannya mulai menurun, malahan tidak kurang jumlahnya yang menuju pikun pada hari-hari tuanya (garis a)
(b) Kemungkinan kedua, bagi mereka yang bernasib baikuntuk memperoleh kesempatan belajar atau melatih fungsi-fungsi psikofisiknya lebih lanjut, maka perkembangan kemampuan fungsi-fungsi masih ada baiknya bersifat peningkatan atau perluasan sampai taraf empat puluhan pulam namun selanjutnya, setelah dijalani usia tersebut tidak berkesempatan lagi belajar, tetapi hanya bekerja, secara routline dan monoton, maka cenderung untuk berada pada titik jenuh tersebut dan tidak berkembang lagi (garis b). namun bagi mereka yang terus berusaha belajar dan mengumuli perkembangan informasi-informasi mutakhir, perkembangan itu dapat terjadi meskipun hanya bersifat perluasan atau pendalaman (garis c). http://denirokhyadi.wordpress.com/2008/04/18/konsep-dasar-manifestasi-dan-beberapa-cara-pendekatan-terhadap-perkembangan-perilaku-dan-pribadi/
Beberapa Hukum (Principles) Perkembangan Perilaku dan Pribadi serta Implikasinya bagi Kehidupan.
Hukum Implikasi
a. Perkembangan dipengaruhi oleh factor-faktor pembawaan, lingkungan, dan kematangan. a. Pengembangan (penyusunan, pemilihan, penggunaan) materi, strategi, metodologi, sumber, evaluasi belajar-mengajar hendaknya memperhatikan ketiga factor tersebut.
b. Proses perkembangan itu berlangsumg secara bertahap (profresif, sistematik, berkesinambungan). b. Program (kurikulum) belajar-mengajar disusun secara bertahap dan berjenjang:
(1) Dari sederhana menuju kompleks
(2) Dari mudah menuju sukar.
(3) System belajar-mengajar diorganisasikan agar terlaksananya prinsip:
(a) Mastery learning (belajar tuntas)
(b) Continuous progress (maju berkelanjutan)
c. Bagian – bagian dari fungsi-fungsi organisme mempunyai garis perkembangan dan tingkat kematangan masing-masing. Meskipun demikian, sebagai kesatuan organis dalam prosesnya terdapat korelasi dan bahkan kompensatoris antara yang satu dengan yang lainnnya. c. Sampai batas tertentu, program dan strategi belajar-mengajar seyogyanya dalam bentuk:
(1) Correlated curriculum, atau
(2) Broadfields, atau
(3) Subject maiter oriented,(sampai batas tertentu pula
d. Terdapat variasi dalam tempo dua irama perkembangan antar-individual dan kelompoktertentu (menurut latar belakang jenis, geografis, dan kultur). d. Program dan strategi-mengajar, sampai batas tertentu seyogyanya diorganisasikan agar memungkingkan belajar secara individual disamping secarakelompok (misalnya, dengan system pengajaran modul).
e. Proses perkembangan itu pada taraf awalnya bersifat diferensial dan pada akhirnya lebih bersifat integrasi antarbagian dan fungsi organisme. e. Program dan strategi belajar-mengajar seyogyanya diorganisasikan agar memungkinkan proses yang bersifat :
(1) Deduktif – Induktif
(2) Analisis – Sintesis
(3) Global –Spesifik – Global
f. Dalam batas-batas masa peka, perkembangan dapat dipercepat atau diperlambat oleh kondisi lingkungan. Program dan strategi belajar-mengajar seyogyanya dikembangkan dan diorganisasikan perlakuan (intervensi) yang dapat merangsang, mempercepat, dan menghindari ekses memperlambat laju perkembangan anak didik.
g. Laju perkembangan anak berlangsung lebih pesat pada periode kanak-kanak dari periode-periode berikutnya. g. Lingkungan hidup dan pendidikan anak-anak (TK) sangat penting untuk memperkaya pengalaman dan mempercepat laju perkembangannya.
Subscribe to:
Posts (Atom)